Jasa Install Ulang Macbook Malang

Daftar Isi

MacOS – OS dari Apple

MacOS adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat komputer yang dikeluarkan oleh Apple. Sama seperti iOS pada perangkat mobile yang juga khusus dikeluarkan oleh Apple. MacOS pertamakali diluncurkan pada tahun 2001 (sebelumnya bernama OS X) untuk lini Macbook, Macbook Pro, Macbook Air, iMac, Mac Pro dan Mac Mini.

MacOS dirancang dengan menggunakan basis UNIX sehingga masuk juga kedalam jajaran keluarga OS berbasis UNIX bersama dengan LINUX dan kawan-kawan. Yang membuat MacOS menjadi istimewa selain karena kompatibilitas eksklusif hanya dengan produk komputer milik Apple, MacOS juga memiliki desain User Interface dan User Experience yang sangat indah.

Kita banyak melihat perangkat komputer Apple dengan spesifikasi hardware yang tidak begitu tinggi dengan produk komputer windows lain dengan harga serupa, namun bisa bekerja secara optimal walaupun kita gunakan untuk edit video atau program komputasi berat lain.

Ini karena MacOS dan sistem komputasi harware yang tertanam di perangkat komputasi Apple bekerja dengan optimal dengan ekosistem aplikasi milik Apple, yang memang sudah dirancang khusus untuk dioptimisasikan pada seluruh lini produk yang masih didukung setidaknya masuk dalam syarat hardware minimum.

Versi MacOS

MacOS yang pertama kali dipublikasi secara besar-besaran adalah versi OS X pertama dengan kode Cheetah. Berikut adalah versi MacOS yang hadir pertama sampai sekarang:

OS X 10.0 Cheetah

Cheetah dirilis secara publik pada tanggal 24 maret 2001. Sama seperti versi awal-awal pembentukan sebuah sistem operasi. Masih banyak ditemui kendala dan kurangnya pengembang aplikasi yang mensupport MacOS cheetah ini.

OS X 10.1 Puma

Masih ditahun yang sama namun pada bulan yang berbeda. MacOS Puma dirilis pada 25 September 2001. Perbaharuan fitur seperti kompatibilitas pemutaran DVD serta perbaikan-perbaikan yang ada pada cheetah serta peningkatan performa dari OS sebelumnya. Apple juga sudah mengumumkan bahwa semua lini Mac hadir dengan OS X.

OS X 10.2 Jaguar

Setahun setelah puma keluar. Tepatnya pada 23 Agustus 2002, Apple mengeluarkan OS X Jaguar. Seperti pada update kebanyakan, ada peningkatan performa, fitur user interface yang diperbaharui, fungsi Quartz Extreme (bagian dari MacOS yang mengurus pekerjaan pengolahan grafis) untuk compositing graphics secara langsung dari kartu grafis ATI Radeon atau Nvidia GeForce dengan minimal 16 MB VRAM, dan aplikasi perpesanan iChat.

OS X 10.3 Panther

Panther dirilis pada 24 Oktober 2003. Peningkatan performa dan perbaharuan pada user interface. Pada versi panther ini terdapat peningkatan performa untuk OS Windows yang diinstall di Mac, Dukungan untuk Apple G3 awal seperti PowerMacs dan PowerBooks dihentikan.

OS X 10.4 Tiger

Dirilis 26 April 2005, bersamaan dengan even besar tahunan Apple yang menyatakan bahwa Apple merubah CPU mereka dari PowerPC ke Intel. Terdapat banyak fitur baru yang sangat bermanfaat seperti Spotlight (pencarian data di seluruh isi drive Mac), Dashboard, QuickTime 7, Safari 2, Automator, VoiceOver, Core Image dan Core Video. Rilis awal Apple TV menggunakan Tiger yang dimodifikasi dengan tampilan berbeda serta lebih sedikit aplikasi dan fitur. Pada 10 Januari 2006, Apple merilis Mac berbasis Intel pertama bersamaan dengan update 10.4.4.

OS X 10.5 Leopard

Leopard dirilis 26 Oktober 2007. Leopard masih mendukung Mac berbasis PowerPC untuk konsumen yang masih dan sedang melakukan transisi dari PowerPC ke Intel. Leopard membutuhkan clock-rate minimal 867 Mhz serta RAM 512 MB, sehingga perangkat Mac versi lama diberhentikan. Banyak fitur dan tampilan baru seperti pada fungsi Finder, penambahan fungsi Time Machine (seperti windows recovery yang mengembalikan keadaan windows ke waktu yang sudah disiapkan), dukungan penuh untuk aplikasi 64-bit, fitur baru pada Mail dan berbagai fitur keamanan.

Pada versi 10.5.6 Apple memperkenalkan Mac App Store, sebuah fitur distribusi digital untuk mencari dan membeliki aplikasi macOS.

OS X 10.6 Snow Leopard

Dirilis pada 18 Agustus 2009. Snow Leopard memfokus pada peningkatan performa, efisiensi dan stabilitas sistem operasi. Yang paling penting, snow leopard hanya mendukung perangkat dengan prosesor Intel dan RAM minimal 1 GB. Menghilangkan dukungan untuk aplikasi PowerPC secara default, dukungan multi-core yang lebih baik dan peningkatan performa GPU dengan OpenCL.

OS X 10.7 Lion

Lion dirilis pada 20 Juli 2011. Bersamaan dengan tahun perilisan iphone 4S, Lion menghadirkan beberapa fitur dari iOS seperti gestur multi-touch. Aplikasi akan terbuka dalam keadaan yang sama seperti saat akan ditutup, dokumen yang sedang dikerjakan disimpan secara Auto-save secara default, mirip dengan iOS.

OS X 10.8 Mountain Lion

OS X Mountain Lion dirilis pada 25 Juli 2012. Mendapatkan beberapa fitur dari iOS 5, seperti Game Center, dukungan untuk iMessage, Notification Center pertama kali muncul di rilis ini.

OS X 10.9 Mavericks

OS X Mavericks dirilis pada 22 Oktober 2013. Update pada fungsi performa, penambahan support terhadap fitur OpenGL 4.1 dan OpenCL 1.2, penambahan fungsi notification center yang lebih kompleks serta penambahan performa dari fungsi yang sudah ada.

OS X 10.10 Yosemite

OS X Yosemite dirilis pada 16 Oktober 2014. Dikeluarkan bersamaan dengan perbaharuan user interface pada iOS 7, yosemite juga hadir dengan perbaharuan desain yang lebih minimalis dan flat. Fitur baru diantaranya adalah Handoff, yang memungkinkan pengguna iPhone dengan iOS 8.1 atau yang lebih tinggi untuk menjawab panggilan telepon, serta menerima dan mengirim SMS. Photos menggantikan iPhoto dan Aperture.

OS X 10.11 El Capitan

OS X El Capitan dirilis pada 30 September 2015. Penambahan fitur tidak begitu besar, hanya beberapa tambahan saja seperti penambahan fitur transportasi umum di Maps. API Metal yang diluncurkan untuk iOS 8 juga dihadirkan pada El Capitan. Menurut Apple, Metal mempercepat render hingga 50 persen.

MacOS 10.12 Sierra

Versi Sierra dirilis 20 September 2016 dan pada versi ini OS X mengganti nama menjadi MacOS. Fitur baru antara lain: Siri, Optimized Storage, pembaruan untuk Photos, Messages, dan iTunes.

MacOS 10.13 High Sierra

macOS 10.13 High Sierra dirilis 25 September 2017. Tidak banyak perubahan besar pada high siera. Hal yang paling signifikan adalah penggunaan Apple File System (APFS), yang dioptimalkan untuk SSD yang digunakan pada sebagian besar Mac. 

MacOS 10.14 Mojave

macOS Mojave dirilis pada 14 September 2018. Mojave mendapatkan fitur dark mode dan beberapa aplikasi baru dari iOS, seperti Apple News.

MacOS 10.15 Catalina

macOS dikeluarkan pada 7 Oktober 2019. Fitur baru diantaranya voice control, dan aplikasi terpisah untuk musik, video, dan podcast yang menggantikan fungsi iTunes. Apple menghentikan support untuk aplikasi 32-bit. Sehingga seluruh aplikasi pada catalina berjalan pada sistem 64-bit.

MacOS 10.16 Big Sur

macOS terbaru di tahun 2020. Masih dalam beta rilis yang diumumkan pada 29 september 2020. Akan ada banyak perubahan dan penambahan fitur yang diberikan Apple pada big sur.

Jasa Install Ulang Macbook

Tidak semua versi macbook memiliki kompatibilitas macOS versi terbaru. Kamu harus tahu apakah versi macbook kamu mendukung untuk diinstal dengan macOS yang kamu inginkan. Kalau kamu bingung dan mencari jasa install ulang macbook, kamu bisa mendatangi AW Malang repair untuk kami urus.

Sama seperti windows, jika sudah terlalu lama dan banyak sekali data yang disimpan di dalam drives macbbok kamu, mungkin mac kamu mengalami kemunduran performa dan terasa lebih lambat, kamu bisa untuk install ulang macbook kamu agar macOS tersegarkan kembali. Namun jangan lupa untuk mem-backup data kamu sebelum install ulang macbook kamu.

Nah, untuk install ulang macbook, AW Malang Repair jmenyediakn versi-versi macOS yang masih umum digunakan di perangkat macbook kebanyakan. Seperti el-capitan, sierra, high sierra, mojave, sampai catalina. Jadi kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari jasa install ulang macbook yang bisa mengurusi permasalahan macOS kamu.

Service laptop malang AW Malang Repair berlokasi di Jalan candi Panggung no.71 Mojolangu Kota malang. untuk mempermudah menuju lokasi, anda dapat meminta bantuan google maps saat sedang mencari jasa install ulang macbook dengan mengetik : “AW Malang Repair “. Tempat jasa install ulang macbook kami beroperasi pada hari kerja mulai Pukul 10.00 WIB sampai dengan Pukul 20.00 Wib. Konsultasi mengenai install ulang macbook kamu juga bisa dengan mengontak IG @awmalangrepair atau menghubungi WA di 0822 3456 6631.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
AW Repair
AW Repair

Tempat service handphone Android, iPhone dan laptop terdekat di Kota Malang.

All Posts »

Comments are closed.

AW Repair berdiri sejak tahun 2016 dan telah melayani ribuan konsumen di Kota Malang.

Menghadirkan layanan servis handphone yang terjangkau dan transparan, aman serta bergaransi kepuasan 100%.

Tentang Kami
Kontak Kami
Hubungi via WhatsApp
Halo ☺️

Apakah ada yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: